Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 13 Juni 2010

Afsel vs Meksiko: Laga Pembuka Berakhir Imbang 1-1

Minggu, 13 Juni 2010
JOHANNESBURG - Partai pembuka Piala Dunia 2010 antara tuan rumah Afrika Selatan melawan Meksiko berakhir imbang. Setelah dibabak pertama keduanya bermain kacamata, hingga akhir laga ketuam tim di Grup A tersebut berhasil melesakkan masing-masing satu gol sehingga kedudukan akhir menjadi 1-1.

Bertanding di stadion Soccer City, Jumat (11/6/2010) Meksiko memberikan tekanan terlebih dulu kepada pertahanan tuan rumah. Giovani Dos Santos menjadi motor penggerak serangan-serangan Meksiko. Bahkan dimenit-menit awal nyaris terjadi gol ketika kiper Itumeleng gagal memotong bola dan coba dimanfaatkan Dos Santos meksi masih gagal.

Tekanan Meksiko terus mengalir setidaknya hingga pertengahan babak pertama yang kelihatan belum mampu diimbangi tim tuan rumah. Afsel baru bisa sedikit bangkit pada menit ke 25 melalui sektor kiri dengan mengandalkan kecepatan Siphiwe Tshabalala.

Menit ke 32 Meksiko kembali menebar ancaman. Berawal dari kaki Carlo Vela bola diarahkan ke Guillermo Franco yang berhasil menerima bola dengan dadanya. Bola coba dialirkan langsung ke gawang, namun kali ini Khune masih sangat sigap mengamankan gawangnya.

Lima menit berselang, Meksiko berhasil membobol gawang Afsel melalui Vela yang berawal dari sebuah sepak pojok. Namun wasit menganulir gol tersebut karena melihat hakim garis mengangkat bendera offside.

Keputusan tersebut jelas membuat kecewa Meksiko yang menganggap gol tersebut sah pasalnya di garis gawang masih ada Pienaar meskipun kiper suda berada di depan vela. Babak pertama pun berakhir 0-0.

Diawal babak kedua tepatnya di menit ke 55 tuan rumah berhasil mencetak gol pertama di Piala Dunia 2010 ini. Tercatat nama Siphiwe Tshabalala yang sukses menjebol gawang Meksiko melalui sebuah tendangan kaki kiri.

Tuan rumah yang nampak sudah semakin percaya diri kembali menebar ancaman di menit ke 66 melalui Teko Modise. Hanya saja sepakannya di depan gawang masih melebar.

Meksiko akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Rafael Maquez pada menit ke 79. Di tiang jauh Rafael Marquez menerima bola umpan silang dari sektor kiri lapangan yang gagal ditanduk rekannya. Marquez kemudian dengan tenang menyepak keras-keras bola yang gagal diantisipasi Khune. Afsel 1 Meksiko 1.

Bafana Bafana nyaris mencetak gol kemenangan pada menit terakhir pertandingan. Dari sebuah lob panjang, bola berhasil dikuasai striker Katlego Mphela yang lepas dari kawalan Rodriguez. Sayang sontekan kaki kirinya masih membentur tiang gawang dan urung menjadi gol. Hingga akhir laga kedudukan masih sama 1-1.

Susunan pemain:
Afrika Selatan Khune; Gaxa, Thwala / Masilela (46′), Mokoena (c), Khumalo; Letsholonyane, Dikgacoi, Tshabalala, Modise; Pienaar / Parker (83′), Mphela.
Meksiko Perez; Rodriguez, Osorio, Aguilar / Guardado (55′), Salcido; Marquez, Torrado (c), Juarez, Dos Santos, Vela / Blanco (69′); Franco / Hernandez (73′).

0 komentar: